Abstrak


Survei tentang Manajemen Pendidikan dan Latihan pada Siswa Kelas Khusus Olahraga Cabang Bola Basket di SMA Negeri 1 Slogohimo Tahun 2022


Oleh :
Jisinta Pradhita Ram - O0118056 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK
Jisinta Pradhita Ramadhani. O0118056. SURVEI TENTANG MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN LATIHAN PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA CABANG BOLA BASKET DI SMA NEGERI 1 SLOGOHIMO TAHUN 2022. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2022
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen pendidikan dan latihan pada siswa kelas khusus olahraga di SMA Negeri 1 Slogohimo Tahun 2022.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei untuk mengetahui gambaran manajemen pendidikan dan latihan SMA Negeri 1 Slogohimo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas khusus olahraga cabang bola basket, pengurus kelas khusus olahraga, dan tim wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji validitas datanya menggunakan progam SPSS 22.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil analisis, Survei manajemen pendidikan dan latihan pada siswa kelas khusus olahraga cabang bola basket di SMA Negeri 1 Slogohimo berada pada kategori baik. Hal tersebut ditunjukan pada jumlah responden yang menjawab paling banyak masuk pada kategori baik sebanyak 6 siswa (60%). Sedangkan jumlah responden yang berada pada kategori kurang sebanyak 4 siswa (40%). Di dukung oleh hasil survei pada pengurus kelas khusus olahraga sebanyak 3 responden (60%) menyatakan baik, dan hasil survei pada tim wakil kepala sekolah bagian kurikulum menyatakan baik sebanyak 2 responden (67%). Dengan rata rata berada pada angka 62%. 

Simpulan dari penelitian ini bahwa Manajemen Pendidikan dan Latihan pada Siswa Kelas Khusus Olahraga Cabang Bola Basket di SMA Negeri 1 Slogohimo untuk tingkat pengelolaan manajemen pendidikan dan latihan berada pada kategori baik berada pada angka 62%.