Abstrak


Pembuatan E-Book Kosakata Mesin Bahasa Mandarin Divisi CS2 PT Rayon Utama Makmur Sukoharjo


Oleh :
Ichdina Gustin Maharani Putri Djati - B3318025 - Sekolah Vokasi

Ichdina Gustin Maharani Putri Djati. B3318025. 2021. “PEMBUATAN E-BOOK KOSAKATA MESIN BAHASA MANDARIN DIVISI CS2 PT RAYON UTAMA MAKMUR SUKOHARJO”. Program Studi Diploma Tiga Bahasa Mandarin, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

            Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan E-Book kosakata yang mencakup proses penerjemahan daftar kosakata mesin di PT Rayon Utama Makmur dengan tujuan untuk mempermudah komunikasi antara teknisi Indonesia dengan tenaga kerja Tiongkok yang bekerja di PT Rayon Utama Makmur. E-Book kosakata ini dibuat dalam bahasa Mandarin ke dalam bahasa Inggris. Bahasa Inggris dipilih, dikarenakan nama-nama mesin yang digunakan di PT Rayon Utama Makmur lebih dikenal penyebutannya dalam bahasa Inggris.

            Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi pustaka. Dengan mengamati kegiatan penerjemahan yang terjadi di PT Rayon Utama Makmur untuk mendapatkan data kosakata mesin serta mencari referensi dari berbagai sumber perpustakaan ditambah dengan daftar kosakata umum yang sudah ada di PT Rayon Utama Makmur.

            Hasil dari penulisan Tugas Akhir ini adalah E-Book kosakata mesin yang dapat digunakan di PT Rayon Utama Makmur.