Abstrak


Proses Latihan di Sekolah Sepakbola PSG Begajah Sukoharjo pada Masa Wabah Covid-19 Tahun 2021


Oleh :
Teguh Arianto - K4617117 - Fak. Keolahragaan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang dampak, serta faktor pendukung dan penghambat Proses latihan di Sekolah Sepakbola PSG Begajah yang diakibatkan oleh wabah Covid-19 yang terfokus pada 4 aspek utama yaitu pelatih, kurikulum, sarana dan prasarana serta manajemen.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik uji keabsahan data yaitu 1) Triangulasi Sumber dan 2) Triangulasi metode. Sumber data pada penelitian ini adalah 1 Pelatih kepala, 2 Asisten pelatih, 2 Pengurus, dan 10 orang atlet Sekolah Sepakbola PSG Begajah Sukoharjo.
Hasil dalam penelitian ini adalah dampak dari wabah Covid-19 terhadap proses latihan di SSB PSG Begajah Sukoharjo, kemudian faktor-faktor yang menjadi pendukung serta faktor penghambat proses latihan selama masa wabah Covid-19 yang menyebabkan terjadinya beberapa penyesuaian atau perubahan.
Simpulan dalam penelitian ini bahwa (1) wabah Covid-19 berdampak pada kegiatan atau proses latihan di SSB PSG Begajah Sukoharjo yang masih tetap dilaksanakan dengan program yang sama namun ada sedikit perubahan yang sudah diatur oleh pengurus dan tim pelatih untuk disesuaikan dengan keadaan yang terjadi pada masa wabah Covid-19 seperti lebih diterapkannya protokol kesehatan, pengurangan aktivitas yang menyebabkan kerumunan seperti pertandingan uji coba dan turnamen. (2) Ada beberapa faktor yang paling mendukung proses latihan di SSB PSG Begajah Sukoharjo pada masa wabah Covid-19 antara lain yakni waktu luang yang dimiliki siswa, support dari orang tua dan juga tim pelatih untuk membuat siswa memiliki mental kuat, rasa percaya diri dan karakter yang baik, lalu sarana dan prasarana yang sudah mencukupi dan sesuai dengan standar, kemudian penambahan sarana sabun untuk mencuci tangan untuk menunjang kelancaran Proses latihan pada saat pandemi Covid-19.  Kemudian faktor yang menjadi hambatan utama adalah pengurangan jadwal latihan dari semula tiga kali menjadi dua kali dalam seminggu, jarangnya diadakan pertandingan dan kompetisi atau turnamen yang membuat siswa menjadi malas untuk berlatih, lalu rasa takut yang dirasakan oleh siswa.

Kata Kunci : Studi Deskriptif, Faktor penghambat dan pendukung, SSB PSG Begajah.