Abstrak


Hubungan Shift Kerja dan Beban Kerja Mental dengan Kelelahan Kerja pada Operator Container Crane (CC) di PT. X Surabaya


Oleh :
Nurul Isti'anah - R0218086 - Sekolah Vokasi

Nurul Isti’anah, R0218086, 2022. Hubungan Shift Kerja dan Beban Kerja Mental dengan Kelelahan Kerja pada Operator Container Crane (CC) di PT. X Surabaya, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

Latar Belakang: Container Crane (CC) merupakan peralatan utama dalam kegiatan bongkar muat petikemas yang membutukan tingkat ketelitian dan kewaspadaan yang tinggi penggunaannya, dengan sistem shift yang diterapkan oleh perusahaan dan beban kerja yang dimiliki memberikan dampak pada operator berupa gejala kelelahan kerja seperti menguap, mengantuk bahkan microsleep yang dapat berujung pada penurunan produktivitas, motivasi dan kinerja, peningkatan kesalahan kerja hingga kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan shift kerja dan beban kerja mental dengan kelelahan kerja pada operator container crane (CC).

 

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasi analitik, dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini yaitu 50 operator container crane (CC). Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner beban kerja mental NASA-TLX, dan kuesioner subjektif kelelahan adobsi dari IFRC. Teknis analisis data menggunakan uji somers’d dan analisis regresi logistik ordinal.

 

Hasil: Hasil uji somers’d hubungan shift kerja dengan kelelahan kerja (p=0,005) dengan nilai r = 0,354 yang berasal dari gangguan irama sirkadian yang berdampak pada gangguan tidur operator. Sedangkan uji somers’d beban kerja mental dengan kelelahan kerja (p=0,001) dan nilai r = 0,453 berasal dari tuntuan kognitif pekerjaan yang berlebih mengganggu sisem fasilitasi yang berujung kelelahan mental dan fisik. Hasil uji regresi logistik ordinal menunjukkan bahwa adanya hubungan variabel shift kerja dan beban kerja mental dengan kelelahan kerja yang ditunjukkan dari nilai p-value < 0>

 

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan shift kerja dan beban kerja mental dengan kelelahan kerja pada operator container crane (CC) di PT. X Surabaya.