Abstrak


Analisis Gaya Bahasa dan Nilai Pendidikan dalam Cerita Cekak Koran Solopos Edisi Bulan Februari-April Tahun 2021 serta Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Bahasa Jawa di SMA


Oleh :
Septiva Dwi Slastiana - K4218059 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan bentuk gaya bahasa yang terkandung dalam cerkak koran Solopos edisi bulan Februari-April tahun 2021, (2) Mendeskripsikan nilai pendidikan yang terkandung dalam cerkak koran Solopos edisi bulan Februari-April tahun 2021, (3) Mendeskripsikan pemanfaatan gaya bahasa dan nilai pendidikan dalam cerkak koran Solopos edisi bulan Februari-April tahun 2021 pada pembelajaran Bahasa Jawa di SMA.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika. Data pada penelitian ini yaitu kata, frasa, kalimat yang mengandung gaya bahasa dan nilai pendidikan yang terdapat dalam cerkak koran Solopos edisi bulan Februari-April tahun 2021. Sumber data penelitian ini meliputi dokumen berupa cerkak yang terdapat dalam koran Solopos edisi bulan Februari-April tahun 2021, silabus kurikulum 2013 muatan lokal bahasa Jawa dan  informan yang terdiri dari guru bahasa Jawa, siswa kelas X SMA dan ahli bahasa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen serta wawancara. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif menurut Miles dan Huberman.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, ragam gaya bahasa atau majas yang terdapat dalam penelitian ini meliputi majas perbandingan, majas pertentangan, majas pertautan, dan majas perulangan. Kedua, nilai pendidikan dalam penelitian ini meliputi nilai pendidikan agama atau religius, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya. Ketiga, berdasarkan hasil analisis data dan wawancara dengan para informan, hasil analisis dari penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar pada pembelajaran bahasa Jawa siswa SMA terutama materi cerkak, dibuktikan dengan adanya kesesuaian meliputi: (a) penggunaan bahasa yang mudah dipahami; (b) memuat beragam gaya bahasa; (c) bermuatan nilai-nilai pendidikan.