Abstrak


Strategi Pengembangan BUMDes untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Desa (Studi Kasus di BUMDes Sari Amanah Desa Tamansari)


Oleh :
Aninda Megasari - K7718014 - Fak. KIP

Aninda            Megasari.         K7718014. STRATEGI PENGEMBANGAN BUMDES UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI DESA (STUDI KASUS DI BUMDES SARI AMANAH DESA TAMANSARI). Skripsi,  Surakarta:   Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. September 2022.

 

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui adanya   1) strategi pengembangan BUMDes Sari Amanah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Tamansari ; 2) faktor penghambat dan faktor pendukung strategi pengembangan BUMDes Sari Amanah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Tamansari; 3) solusi faktor penghambat strategi pengembangan BUMDes Sari Amanah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Tamansari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan jumlah informan sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan: 1) terdapat tiga proses strategi pengembangan BUMDes Sari Amanah dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Tamansari yaitu proses yang pertama proses perumusan strategi, proses penerapan strategi, dan proses pengevaluasian strategi. 2) terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung dalam strategi pengembangan BUMDes untuk meningkatkan kesejahateraan ekonomi masyarakat Desa Tamansari yaitu untuk faktor penghambat diantaranya tata kelola belum sesuai dengan perdes tahun 2017, skala jangkauan dan usaha belum luas, rendahnya sumber daya manusia, dan tekonologi yang digunakan pada BUMDes Sari Amanah belum tepat guna, untuk faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana di BUMDes Sari Amanh sudah memadai 3) adanya solusi pada faktor penghambat dalam strategi pengembangan BUMdes Sari Amanah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi Desa Tamansari yaitu Menyediakan komputer khusus untuk BUMDes dan melakukan pelatihan penggunaan komputer pada pengurus BUMDes Sari Amanah.