Abstrak


MANAJEMEN PENGELOLAAN LAPANGAN FUTSAL DI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2022


Oleh :
Achmad Jodhi Ardiyansyah - K4617002 - Fak. Keolahragaan

Achmad Jodhi Ardiyansyah. K4617002. MANAJEMEN PENGELOLAAN LAPANGAN FUTSAL DI KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2022. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2022.

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui fungsi manajemen pengelolaan lapangan futsal di Kabupaten Boyolali tahun 2022. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya struktur organisasi yang tertulis secara permanen di beberapa tempat penyewaan lapangan futsal di Kabupaten Boyolali tahun 2022. (3) Untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan teknologi informasi untuk mempromosikan usaha penyewaan lapangan futsal di Kabupaten Boyolali tahun 2022.

Penelitian ini dilakukan di 5 tempat penyewaan lapangan futsal yang berada di Kabupaten Boyolali pada bulan Juni-September 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus, pengelola dan pengusaha di 5 tempat penyewaan lapangan futsal di Kabupaten Boyolali tahun 2022. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi atau arsip. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif.

Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: (1) Fungsi manajemen pengelolaan lapangan futsal di Kabupaten Boyolali tahun 2022 telah berjalan dengan baik. Pada indikator perencanaan, para pengusaha lapangan futsal telah mampu melihat peluang sebagai tujuan yang akan dicapai serta menentukan cara yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pada indikator pengorganisasian, para pengusaha telah melaksanakan wewenang dan tanggung jawab sesuai dengan tugasnya masing-masing. Kemudian pada indikator penggerak, tempat penyewaan lapangan futsal yang ada telah melakukan perawatan terhadap sarana dan prasarana yang dimiliki, menjaga kualitas mutu, melakukan perbaikan terhadap setiap kerusakan yang terjadi serta menerima setiap komplain dari para konsumen dengan baik. Selanjutnya pada elemen pengawasan, para pengusaha telah melakukan pengawasan terhadap keuangan, sarana dan prasarana serta perlengkapan permainan futsal. (2) Pada dasarnya  tempat penyewaan futsal di Kabupaten Boyolali tahun 2022 telah memiliki fungsi pengorganisasian yang cukup baik serta adanya beberapa sarana dan prasarana yang menunjang seperti lapangan berstandar SNI, mushola, kamar mandi dan sportshop. (3) salah satu upaya yang dilakukan untuk mempromosikan usaha penyewaan lapangan futsal yang dimiliki adalah dengan menggunakan Whatsapp serta media sosial seperti instagram dan facebook.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu secara keseluruhan fungsi manajemen pengelolaan lapangan futsal di kabupaten boyolali telah berjalan dengan baik. Hal ini ditandai dengan dijalankan elemen-elemen fungsi manajemen pengelolaan.