Abstrak


PEMANFAATAN PENAMPUNGAN AIR HUJAN UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR DOMESTIK PENDUDUK DESA SONGBLEDEG KECAMATAN PARANGGUPITO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2021


Oleh :
Ibet Nurbaiti - K5416028 - Fak. KIP

Ibet Nurbaiti. PEMANFAATAN PENAMPUNGAN AIR HUJAN UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR DOMESTIK DI DESA SONGBLEDEG KECAMATAN PARANGGUPITO KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2021. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2022.

              Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kebutuhan air domestik penduduk di Desa Songbledeg Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri Tahun 2021; (2) efektivitas penampungan air hujan untuk pemenuhan kebutuhan air domestik di Desa Songbledeg Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri Tahun 2021; (3) efektivitas curah hujan untuk mendukung penampungan air hujan di Desa Songbledeg Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri Tahun 2021.

              Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan keruangan. Unit analisis pada penelitian ini adalah wilayah administrasi dusun. Populasi dalam penelitian meliputi: (1) kebutuhan air domestik di Desa Songbledeg; (2) penampungan air hujan di Desa Songbledeg; (3) curah hujan di Desa Songbledeg. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis pola.

              Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kebutuhan air domestik di Desa Songbledeg sebanyak 241.900 liter/hari dengan total penduduk 2.419 jiwa yang tersebar di 13 Dusun yaitu Dusun Klepu, Dusun Mloko, Dusun Lomujing, Dusun Sumberjo, Dusun Bulu, Dusun Jamburejo, Dusun Weru, Dusun Ngandongrejo, Dusun Rejosari, Dusun Songbledeg, Dusun Janglot, Dusun Gondangsari, dan Dusun Tlogorejo; (2) efektivitas penampungan air hujan di Desa Songbledeg tertinggi yaitu 22.8 ?ngan kapasitas penampungan 30.000 liter dan terendah yaitu 2.4 ?ngan kapasitas penampungan 6.000 liter; (3) curah hujan rata-rata di Desa Songbledeg yaitu 1501.83 mm/tahun tidak dapat untuk mendukung pemanfaatan penampungan air hujan di Desa Songbledeg.