Abstrak


Prosedur Pencatatan Laporan Pelaksanaan Pembangunan Pasar Tradisional di Dinas Perdagangan, Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagnakerkop UKM) Kabupaten Karanganyar


Oleh :
Ridwan Nur Febria - D1518076 - Sekolah Vokasi

Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Karanganyar merupakan instansi pemerintah daerah yang mengurusi atau mengelola bidang perdagangan, tenaga kerja, koperasi dan pengembangan ukm di Kabupaten Karanganyar. Pengamatan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pencatatan laporan pelaksanaan pembangunan pasar tradisional di Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Karanganyar. Prosedur pencatatan laporan penting karena sebagai pengawasan kegiatan dan sebagai laporan kepada pejabat pembuat komitmen atau pemberi kerja.
Jenis pengamatan yang digunakan diskriptif kualitatif yaitu dilakukan dengan secara langsung melakukan observasi di lapangan  dengan cara menggali dan mengamati langsung masalah-masalah dan tata kerja yang berlaku, dan kemudian mendeskripsikan, berbagai macam kondisi yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen atau arsip pendukungnya.
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh penulis di Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Karanganyar, diperoleh bahwa Prosedur Pencatatan Laporan Pelaksanaan Pembangunan sudah sesuai dengan ketentuan yang meliputi Proses Persiapan, Pembuatan Format Laporan, Pengisian Format Laporan, dan Menyerahkan Format Laporan yang sudah jadi kepada kepala seksi pengembangan pasar.

Kata kunci : Pasar Tradisional, Pembangunan, Pencatatan, Prosedur