Abstrak


Analisis Peramalan Fallout Produk Indihome yang Terjadi pada PT. Telkom Akses Solo


Oleh :
Yoga Alief Prianto - F3518063 - Sekolah Vokasi

Kebutuhan internet yang semakin meningkat membuat permintaan terhadap produk Indihome juga semakin banyak dan berdampak pada banyaknya pekerjaan yang dilakukan oleh PT. Telkom Akses Solo. Pekerjaan tersebut berupa pasang internet baru serta pengerjaan kesalahan jaringan bernama Fallout. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pekerjaan Fallout pada bulan Mei 2021 serta ramalan jumlah Fallout yang akan terjadi pada bulan Juni 2021 di PT. Telkom Akses Solo.
Teknik pambahasan yang digunakan adalah dengan metode deskriptif. Penelitian dengan metode deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan jumlah Fallout yang terjadi serta penerapan pada PT. Telkom Akses Solo. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara pada pihak terkait, studi pustaka, dan observasi. Wawancara kepada team leader divisi Survei, Drawing, Inventory (SDI) dilakukan untuk mengetahui pengelolaan sumber daya manusia pada divisi SDI, studi pustaka mengunakan dokumen pencatatan internal jumlah Fallout yang terjadi per hari, dan observasi dilakukan pada saat magang. Hasil observasi di gunakan untuk membuat peramalan jumlah Fallout yang akan terjadi. Peramalan adalah memperkiraan sesuatu yang akan terjadi di masa mendatang dengan menggunakan data historis.
Berdasarkan hasil analisa, data yang didapat berupa data deret waktu dan metode peramalan yang tepat adalah metode Exponential Smoothing. Peramalan dilakukan dengan aplikasi POM for Windows versi 3. Hasil dari peramalan tersebut memperkirakan jumlah Fallout yang harus dikerjakan sebesar 5.958 order dengan rata-rata harian sebesar 298 order. Jumlah tersebut terlalu banyak untuk dua orang karyawan yang mengerjakan pekerjaan tersebut dengan target performansi pekerjaan 25 order per hari.
Target performansi pekerjaan yang ditetapkan oleh PT. Telkom Akses Solo tidak mencukupi kebutuhan order harian yang harus dikerjakan sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan order atau pekerjaan. PT. Telkom Akses Solo sebaiknya menambah jumlah target order harian untuk para karyawan atau menambah jumlah karyawan untuk memenuhi target harian pekerjaan Fallout. Data peramalan yang ada dapat digunakan untuk mengambil keputusan yang efektif terkait masalah perencanaan tenaga kerja pada PT. Telkom Akses Solo.

Kata Kunci : Peramalan, POM, Exponential Smoohting, Perencanaan pekerjaan