Abstrak


Upaya Pengembangan Paket Wisata Bersepeda di Riangga Tour Organizer


Oleh :
Arief Rizqiawan - B3217007 - Sekolah Vokasi

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang bagaimana upaya pengembangan paket wisata bersepeda yang ada di Riangga Tour Organizer, pengelolaan paket, serta kendala dan solusi yang dihadapinya. Dalam hal ini upaya pengembangan suatu paket wisata yang dilakukan oleh suatu biro perjalanan bertujuan agar pelayanan yang diberikan kepada customer bisa maksimal.

            Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis dengan menguraikan apa saja upaya yang dilakukan oleh Riangga Tour Organizer. Metode pengumpulan data menggunakan cara studi dokumen, dokumentasi, wawancara dan studi pustaka di kantor Riangga Tour Organizer.

            Hasil penelitian ini menjelaskan upaya Riangga Tour Organizer dalam mengembangkan paket wisata bersepeda yaitu dengan membuat brosur digital dan di promosikan di media sosial serta menambah destinasi wisata gowes dengan pengelolaan bekerja sama dengan salah satu perusahaan otobus. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya Sumber Daya Manusia dan terbatasnya jumlah kapasitas armada yang membuat harga menjadi tinggi.

            Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah Riangga Tour Organizer sudah melakukan beberapa cara guna mengembangkan paket wisata bersepeda yang mereka miliki dengan menambah durasi perjalanan, menambah opsi destinasi yang lain.