Abstrak


Hubungan antara Hasil Belajar dengan Kepercayaan Diri pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gemolong


Oleh :
Isna Mar`atus Sholihah - K3117042 - Fak. KIP

ABSTRAK 

Isna Mar’atus Sholihah. K3117042. HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GEMOLONG. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2022.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) Tingkat hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 1 Gemolong Kabupaten Sragen; (2) Tingkat kepercayaan diri siswa kelas XI di SMAN 1 Gemolong; (3) Hubungan antara hasil belajar dengan kepercayaan diri pada siswa kelas XI di SMAN 1 Gemolong. Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode korelasional dengan populasi 320 siswa dan menggunakan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling dengan memperoleh sampel 167 siswa.

Hasil uji statistik deskriptif pada variabel hasil belajar memiliki nilai rata-rata sebesar 69,01 dan tingkat hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Gemolong memperoleh tingkat predikat D. Sedangkan variabel kepercayaan diri memiliki nilai rata-rata sebesar 115,05 dengan kategori tingkat kepercayaan diri untuk kategori rendah 1,2%, kategori sedang 52,7?n kategori tinggi 46,1%. Tingkat kepercayaan diri pada siswa kelas XI di SMAN 1 Gemolong berada pada tingkat sedang.

Hasil uji hipotesis pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan perhitungan Pearson Correlation Product Moment yang memperoleh hasil nilai koefisien sebesar 0,246 dan untuk nilai signifikansinya 0,001 < 0>

Hasil penelitian dapat dijadikan referensi untuk penelitian selanjutnya yang cakupannya lebih luas dan menggunakan sampel yang lebih banyak. Selain itu, penelitian ini juga dapat dijadikan guru BK dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar dan menanamkan kepercayaan diri pada diri siswa.

Kata kunci : Hasil Belajar, Kepercayaan Diri, Siswa