Abstrak


Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDN 4 Kutosari Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh :
Febriyanti Umi Khabibah - K7117078 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran kaidah ejaan di kelas IV SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2020/2021, mendeskripsikan kesalahan ejaan dalam karangan siswa kelas IV SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2020/2021, dan mendeskripsikan alasan terjadi kesalahan ejaan dalam karangan siswa kelas IV SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2020/2021.  
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV A SDN 4 Kutosari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berisi deskripsi tentang pembelajaran kaidah ejaan, kesalahan ejaan, dan alasan terjadinya kesalahan ejaan siswa kelas IV A SDN 4 Kutosari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik uji validitas data pada penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran tentang kaidah ejaan disampaikan dengan cara menyelipkan ke dalam materi tertentu yang masih ada hubungannya dengan kaidah kebahasaan; (2) kesalahan ejaan yang terjadi dalam karangan siswa kelas IV SDN 4 Kutosari tahun ajaran 2020/2021 yaitu kesalahan pemakaian huruf (vokal, konsonan, diftong, kapital, miring, dan tebal), kesalahan penulisan kata (dasar, berimbuhan, bentuk ulang, gabungan kata, kata depan, kata partikel, singkatan dan akronim, angka dan bilangan, serta kata ganti), kesalahan pemakaian tanda baca (titik, koma, titik dua, tanda hubung, tanda pisah, tanda tanya, tanda seru, dan tanda petik, dan penulisan unsur serapan mengenai penulisan unsur asing yang penulisan dan pengucapannya disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia; (3) faktor penyebab atau alasan-alasan terjadinya kesalahan ejaan ada dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari kurang lancarnya siswa dalam menggunakan bahasa Indonesia, ketidaktahuan siswa tentang kaidah kebahasaan yang baik dan benar, kurangnya kemampuan siswa untuk berpikir abstrak, ketepatan dalam menerapkan kaidah bahasa, kondisi tubuh yang kurang sehat, dan kurangnya literasi. Selanjutnya, faktor eksternal meliputi terpengaruhnya dengan bahasa yang lebih dulu dikuasainya, pelaksanaan pembelajaran yang kurang mendukung, lingkungan sekitar yang kurang mendukung, dan pengaruh penggunaan gawai atau televisi yang kurang bijak.
Kesimpulan penelitian ini yaitu  adanya kesalahan ejaan dalam karangan siswa kelas IV SDN 4 Kutosari. Alasan terjadinya kesalahan tersebut yaitu faktor internal dan eksternal.
      
Kata kunci : analisis, kelas IV, kesalahan ejaan