Abstrak


Hubungan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil dengan Lingkar Kepala Bayi Baru Lahir di RS UNS


Oleh :
Muhammad Aditya Ferdiansyah - G0019135 - Fak. Kedokteran

Pendahuluan: Anemia merupakan permasalahan gizi yang seringkali dijumpai pada masa kehamilan. Anemia pada masa kehamilan dapat menyebabkan gangguan pengangkutan nutrisi dan oksigen dari ibu menuju plasenta serta janin yang berakibat kepada gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin (intrauterine growth restriction).  Adanya pertumbuhan janin yang terhambat dapat dinilai dengan pemeriksaan antropometri, salah satunya yaitu dengan pengukuran lingkar kepala bayi baru lahir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan kadar hemoglobin ibu hamil dengan lingkar kepala bayi baru lahir.

Metode: Penelitian dilakukan di RS UNS dengan pendekatan potong lintang (cross sectional). Subjek penelitian ini adalah pasien ibu dan bayi yang baru dilahirkannya. Data diperoleh dari rekam medis pasien. Penelitian menggunakan 189 sampel yang tercatat pada rekam medis sejak Januari 2021 hingga Desember 2021. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman pada software SPSS.

Hasil: Pada hasil uji korelasi Spearman yang dilakukan didapatkan nilai P sebesar 0,768 (P>0,05) yang menandakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kadar hemoglobin ibu hamil dengan lingkar kepala bayi baru lahir.

Simpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kadar hemoglobin ibu hamil dengan lingkar kepala bayi baru lahir.