Abstrak


Hubungan Antara Environmental Factors dan Learning Characteristics Dengan Hasil Belajar Kognitif Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa SMP


Oleh :
Eva Dewi Mashitoh - K4516017 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan environmental factors dengan hasil belajar kognitif selama pandemi pandemi Covid-19 pada siswa SMP; 2) hubungan learning characterstics dengan hasil belajar kognitif selama pandemi pandemi Covid-19 pada siswa SMP; 3) hubungan environmental factors dan learning characteristics secara bersama-sama dengan hasil belajar kognitif selama pandemi Covid-19 pada siswa SMP. Inovasi dalam penelitian ini yaitu menggunakan dua faktor pendukung pembelajaran daring, dimana sistem pembelajaran ini diterapkan secara massal dan dalam waktu yang cukup lama di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasi non-eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 135 siswa. Pemilihan sampel menggunakan metode cluster random sampling. Data berupa data environmental factors, learning characteristics, dan hasil belajar kognitif yang dimiliki siswa masing-masing dalam kategori sedang. Pengumpulan data menggunakan metode survey dan tes secara online. Teknik analisis data untuk menjelaskan dan mengetahui hubungan melalui uji korelasi berganda, uji t, uji F, dan uji determinasi yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, multikolinearitas, dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan environmental factors dengan hasil belajar kognitif selama pandemi pandemi Covid-19 pada siswa SMP; 2) terdapat hubungan learning characterstics dengan hasil belajar kognitif selama pandemi pandemi Covid-19 pada siswa SMP; 3) terdapat hubungan environmental factors dan learning characteristics secara bersama-sama dengan hasil belajar kognitif selama pandemi Covid-19 pada siswa SMP.

Kata Kunci: Environmental factors, learning characteristics, hasil belajar kognitif, hubungan.