Abstrak


PROFIL CABANG OLAHRAGA SEPAK TAKRAW KOTA SURAKARTA DALAM RANGKA PERSIAPAN PRA PEKAN OLAHRAGA JAWA TENGAH 2022


Oleh :
Hendra Raafliadi - O0118048 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK

 

Hendra Raafliadi, O0118048, PROFIL CABANG OLAHRAGA SEPAK TAKRAW KOTA SURAKARTA DALAM RANGKA PERSIAPAN PRA PEKAN OLAHRAGA PROVINSI JAWA TENGAH 2022. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keolahragaan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2022.

 

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Sumber daya manusia cabang olahraga sepak takraw Kota Surakarta, (2) Manajemen pengorganisasian cabang olahraga sepak takraw Kota Surakarta, (3) Sarana dan prasarana yang ada dicabang olahraga sepak takraw Kota Surakarta, (4) Program latihan yang dijalankan dicabang olahraga sepak takraw Kota Surakarta.

Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Metode pada penelitian ini adalah survei. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu suatu prosedur untuk memecahkan masalah dengan memaparkan obyek yang diteliti secara natural berdasarkan fakta-fakta yang ada. Populasi dalam penelitian adalah pengurus, pelatih, dan atlet cabang sepak takraw Kota Surakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu dari semua anggota cabang olahraga tersebut diambil dengan kriteria sampel yang ada dalam  cabang olahraga sepak takraw Kota Surakarta yaitu pengurus, pelatih, dan atlet. Teknik pengumpulan data Penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian menunjukkan cabang olahraga sepak takraw Kota Surakarta meliputi sumber daya manusia yang terdiri dari pelatih dan atlet harus ditingkatkan. Pelaksanaan manajemen dan pengorganisasian mengalami perkembangan yang cukup baik, akan tetapi belum maksimal dan harus ditingkatkan. Pelaksanaan program latihan untuk cabang olahraga sepak takraw sudah dijalankan dengan baik. Sarana dan prasarana cabang olahraga sepak takraw belum memadai sehingga perlu untuk ditingkatkan. Kesimpulan dari penelitian ini pertama dari sumber daya manusia yang terdiri dari pelatih jumlahnya masih sedikit harus ditambah dan untuk atlet juga mayoritas masih dari luar daerah, kedua untuk jalannya manajemen dan pengorganisasian sudah cukup baik walaupun dalam menjalankan tugasnya beberapa pengurus belum mengerjakan tugas secara maksimal, dan untuk struktur organisasi sepak takraw Kota Surakarta periode 2020-2024 sudah lengkap, ketiga program latihan dapat dijalankan dengan cukup baik walaupun sempat ada kendala dikarenakan adanya wabah covid, keempat sarana dan prasarana dalam tim sepak takraw Kota Surakarta masih belum memadai, sehingga harus ditingkatkan.