Abstrak


Keefektifan Serangan Jumping Service Bola Voli Indoor Putra Terhadap Perolehan Point di Final Four PLN Mobile ProLiga 2022


Oleh :
Fuad Amri Prayoga - O0218035 - Fak. Keolahragaan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Serangan Jumping Service Bola Voli Putra Indoor Terhadap Perolehan Point Di Final Four PLN Mobile Proliga 2022.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-komparatif. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengamatan oleh Judge melalui dokumen video. Populasi dalam penelitian ini pemain bola voli putra pada Final Four PLN Mobile Proliga 2022 yang berjumlah 44 atlet. Sampel diambil menggunakan total sampling yaitu semua pemain yang melakukan jumping service di Final Four PLN Mobile Proliga 2022 yang berjumlah 28 atlet. Instrumen yang digunakan berupa indikator keefektifan service untuk jump float service dan jumping service top spin. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah menjadi data kuantitatif yaitu persentase.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat 1393 service dari 8 pertandingan pada Final Four PLN Mobile Proliga 2022 mulai dari putaran pertama hingga babak Final. Persentase keefektifan service dilihat dari nilai score service dengan total score service. Nilai score jump float service 721,5 total score service 1694 (42,6%), Nilai score jumping service top spin 972,5 total secore service 1694 (57,4%).

Hasil analisis diatas dapat disimpulkan keefektifan jumping service top spin lebih tinggi dari jump float service dalam Final Four PLN Mobile Proliga 2022. Dan untuk atlet putra disarankan untuk menguasi teknik service ini karena teknik service jumping memiliki keefektifan yang tinggi dalam serangan.