Abstrak


PROFIL TAE KWON DO MAHAMERU KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2022


Oleh :
Rilyana Pangestuti Ningtyas - O0218081 - Fak. Keolahragaan

ABSTRAK

 

Rilyana Pangestuti Ningtyas, O0218081. PROFIL TAE KWON DO MAHAMERU KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2022. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2022.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengelolaan dalam organisasi, teknis dalam pembinaan prestasi atlet, dukungan, sumber daya pelatih dan prestasi yang dicapai atlet Tae Kwon Do Mahameru Kabupaten Sukoharjo tahun 2022.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian adalah pengurus, pelatih dan atlet. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling yaitu terdapat kriteria dalam pengambilan sampel sejumlah 1 pengurus, 18 pelatih, 20 atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disampaikan kepada responden meliputi pengurus, pelatih, dan atlet.

Hasil pencapaian dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : pengelolaan dalam organisasi berkategorikan sedang, teknis dalam pelaksanaan pembinaan prestasi berkategorikan sedang, dukungan yang ada di Tae Kwon Do Mahameru berkategorikan sangat kurang, sumber daya pelatih berkategorikan kurang, dan prestsi atlet yang dicapai berkategorikan sangat kurang.

Berdasarkan pengolahan data dapat disimpulkan sebagai berikut : pengelolaan dalam organisasi mencapai prosentase 51,56?rkategorikan sedang, teknis dalam pelaksanaan pembinaan prestasi atlet mencapai prosentase 57,5?rkategorikan sedang, dukungan mencapai prosentase 21,87?rkategorikan sangat kurang, sumber daya pelatih yang dimiliki mencapai prosentase 36,11?rkategorikan kurang, prestasi atlet yang dicapai memperoleh prosentase 7,6?rkategorikan sangat kurang.

Kata kunci : Tae Kwon Do, aspek pengelolaan, aspek teknis, aspek pendukung, aspek pelatih, aspek atlet.