;

Abstrak


META-ANALISIS PENGARUH KONTRASEPSI HORMONAL TERHADAP KENAIKAN BERAT BADAN DAN HIPERTENSI PADA WANITA USIA SUBUR


Oleh :
Zonna Aditiya Kusumaningtiyas - S022102046 - Sekolah Pascasarjana

Background: Kontrasepsi Hormonal merupakan metode kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan karena mengadung estrogen dan progesteron. Penggunaan kontrasepsi hormonal dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan efek samping diantaranya meningkatnya berat badan, timbunan kolestrol, dan hipertensi. Tujuan penelitian ini untuk untuk mengkaji, menganalisis, dan mengestimasi besarnya pengaruh penggunaan kontrasepsi hormonal terhadap kejadian kenaikan berat badan dan hipertensi pada wanita usia subur berdasarkan hasil penelitian serupa sebelumnya.

Subjects and Method: Penelitian ini merupakan systematic review dan meta-analisis yang menggunakan pedoman PRISMA flowchart diagram. Proses pencarian artikel dilakukan antara tahun 2004-2021 dengan menggunakan 3 database, antara lain Google Scholar, PubMed, dan Science Direct. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian database adalah ""Hormonal Contraception" AND “DPMA injection” AND "Weight Gain" AND "Hypertension”. Kriteria inklusi artikel full text dengan menggunakan metode observasional Randomized Controlled Trial, artikel menggunakan bahasa Inggris, dan melaporkan Mean dan SD dalam analisis multivariat. Artikel yang telah memenuhi syarat dianalisis menggunakan aplikasi RevMan 5.3.

Result: Sebanyak 14 artikel dengan desain studi Randomized Controlled Trial yang berasal dari negara Thailand, Indonesia, Pakistan, Amerika, California, Afrika, Ethiopia, dan Kenya yang dilakukan meta analisis dalam penelitian ini. Meta analisis dari 7 artikel menunjukkan bahwa kontrasepsi hormonal berpengaruh terhadap kenaikan berat badan pada wanita usia subur sebesar 0.03 unit namun secara statistik tidak signifikan (SMD= 0.03; 95% CI= 0.07 hingga 0.14; p= 0.530).  Sedangkan 7 artikel menunjukkan bahwa kontrasepsi hormonal meningkatkan kejadian hipertensi pada wanita usia subur sebesar 0.10 unit, namun secara statistic tidak signifikan (SMD= 0.10 ; 95% CI= 0.17 hingga 1.37; p= 0.460).

Conclusion: Kontrasepsi hormonal meningkatkan berat badan dan hipertensi pada wanita usia subur.