Abstrak


REMIDIASI PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SISWA KELAS X MIA 3 SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA


Oleh :
Tri Muzaeni - K2313071 - Fak. KIP

ABSTRAK

 

 

Tri Muzaeni. Remidiasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Pada Materi Momentum Dan Impuls Siswa Kelas X MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Februari 2021

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk: mengetahui bahwa Remidiasi pembelajaran Fisika mengunakan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievments Divisions) dapat meningkatkan kemampuan kognitif Fisika siswa kelas X MIA 3 pada materi Momentum dan Impuls..

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan satu kelas. Penelitian ini menggunakan model one-group pretes-posttest. Teknik analisis data menggunakan teknik kantitatif. Analisis kuantitatif digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Pengajuan hipotesis pada penelitian ini menggunakan statistik uji t (1 ekor) untuk menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif Fisika siswa setelah dilakukan tindakan.

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang diperoleh dari penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa : Remidiasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif STAD dapat meningkatkan kognitif siswa kelas X MIA 3 SMA Al Islam 1 Surakarta pada materi Momentum dan Impuls. Berdasarkan uji hipotesis bahwa t hitung lebih besar dari t tabel yaitu thitung= 9,495> ttabel = 1,68830   yang menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif Fisika siswa. Besarnya penigkatan berdasarkan indeks gain yaitu 0,58 yang termasuk dalam kategori sedang.