Abstrak


Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karier Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS


Oleh :
Yustika Bella Pratiwi - K7616073 - Fak. KIP

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kematangan karier mahasiswa pendidikan ekonomi; 2) Pengaruh efikasi diri terhadap kematangan karier mahasiswa pendidikan ekonomi; 3) Pengaruh kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap kematangan karier mahasiswa pendidikan ekonomi.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kuantitatif dengan populasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNS Angkatan 2016-2020 yang berjumlah 411 dan sampel sejumlah 203 mahasiswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik propotionate stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan angket/kuesioner dan menggunakan analisis data regresi berganda.
Hasil penelitian ini adalah: Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kematangan karier mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 7,120 > 1,971. Kedua, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kematangan karier mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkam dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 6,603 > 1,791. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap antara kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap kematangan karier mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu  108,708 > 3,04.

Kata kunci: kecerdasan emosional, efikasi diri, kematangan karier