Abstrak


Analisis Prosedur Kepengurusan Dokumen Pindah Datang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali


Oleh :
Andhika Radya Ramadhan - E3117019 - Sekolah Vokasi

Prosedur kepengurusan administrasi perpindahan penduduk merupakan pedoman dalam pelaksanaan penerbitan dokumen pindah datang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali. Sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan bahwa masyarakat berkewajiban untuk melaporkan peristiwa kependudukan dan peristiwa penting yang dialaminya kepada instansi pelaksana yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali. Dalam implementasinya tidak hanya masyarakat saja tetapi ada penyedia jasa yang dapat melaporkan pindah datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis prosedur kepengurusan dokumen pindah datang dengan menggunakan teori analisis kebijakan publik dalam buku Eko Handoyo, mengetahui hambatan dan solusi yang diterapkan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dimana data disajikan secara deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tenik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai analisis prosedur kepengurusan dokumen pindah datang menurut teori analisis kebijakan publik Eko Handoyo dan memperoleh empat isu bahasan. Dalam pelaksanaan prosedur kepengurusan dokumen pindah datang di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali sudah menerapkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Dengan adanya hambatan dalam prosedur kepengurusan dokumen pindah datang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Boyolali telah menerapkan solusi dari hambatan yang ada.