Abstrak


Efektivitas Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Dalam Meningkatkan Cakupan Kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor


Oleh :
Nanda Oktaviani - E3117087 - Sekolah Vokasi

Pada penelitian ini, penulis mendeskripsikan tentang bagaimana Efektivitas Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dalam Meningkatkan Cakupan Kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.. Penelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor, Gerai Pelayanan Publik AEON Mall, dan Kios Adminduk Cibinong Mall.    
Efektivitas Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) dalam Meningkatkan Cakupan Kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor dinilai belum efektif berdasarkan 4 indikator efektivitas, yaitu Ketepatan Sasaran Program, Sosialisasi Program, Tujuan Program, dan Pemantauan Program. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator Tujuan Program, dan Pemantauan Program dikatakan belum efektif. Hal ini disebabkan karena kesesuaian antara hasil pelaksanaan dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya belum berjalan secara maksimal. Masih ditemukan berbagai kendala dalam implementasi Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).