;

Abstrak


Kajian Psikologi Kepribadian Humanistik Tokoh Utama Novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye dan Nilai Pendidikan Karakter serta Relevansi dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar


Oleh :
Muhammad Agus Tri Wibowo - S032008010 - Fak. KIP

Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar membutuhkan materi pembelajaran yang mengandung nilai-nilai pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kajian psikologi kerpibadian humanistik tokoh utama Novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye berdasarkan teori Abraham Maslow; 2) penguatan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye; 3) relevansi Novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dengan pembelajaran Bahasa Indonesia sekolah dasar.

Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Data dalam penelitian ini berupa frasa, klausa kalimat, dan wacana yang terdapat dalam Novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye. Sumber data penelitian ini adalah Novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye, dan informan dari hasil wawancara narasumber psikologi, dan guru kelas sekolah dasar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan sumber.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) mendeskripsikan kajian psikologi kepribadian humanistik tokoh utma Novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye berdasarkan teori Abraham Maslow meliputi kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan rasa dicintai dan memiliki, kebutuhan penghargaan, dan aktualisasi diri; 2) terdapat lima penguatan nilai pendidikan karakter meliputi nilai religius, nilai nasionalisme, nilai integritas, nilai mandiri, dan nilai gotong royong; 3) terdapat relevansi Novel Si Anak Pelangi karya Tere Liye dengan pembelajaran Bahasa Indonesia sekolah dasar yang meliputi kesesuaian dengan kompetensi dasar 3.10 dan 4.10 pada kelas VI sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Novel Si Anak Pelangi Karya Tere Liye setelah dikaji merupakan novel yang dapat digunakan untuk pembelajaran apresiasi sastra yang ada pada pembelajaran Bahasa Indonesia dari kelas I-VI khususnya di kelas VI sekolah dasar. Pembelajaran yang selaras dengan hasil penelitian ini yaitu pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Dasar 3.10 dan 4.10 di kelas VI sekolah dasar. Guru dan peserta didik dapat mengenal novel serta mampu mengapresiasi dan mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalamnya.