Abstrak


ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 1 KAYUGERITAN TAHUN AJARAN 2021/2022


Oleh :
Mellissa Damayanti - K7118151 - Fak. KIP

Mellissa Damayanti. K7118151. Pembimbing I: Dr. Rukayah, M.Hum. Pembimbing II : Roy Ardiansyah, M.Pd. ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 1 KAYUGERITAN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2022.

Tujuan penelitian ini untuk mendeksripsikan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 1 Kayugeritan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif.Penelitian ini memiliki tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penyelesaian penelitian.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Kayugeritan tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 27 peserta didik sebagai narasumber.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif  Miles-Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 20 peserta didik (74, 07 %) yang telah dapat memenuhi indikator keterampilan berpikir kritis dan 7 peserta didik (25, 92 %) yang belum dapat memenuhi indikator keterampilan berpikir kritis. Adapun rinciannya ialah terdapat 3 peserta didik yang tidak memenuhi indikator merumuskan masalah, terdapat 3 peserta didik yang tidak memenuhi indikator memberikan argumen, terdapat 1 peserta didik yang tidak memenuhi indikator membuat premis, dan terdapat 3 peserta didik yang tidak memenuhi indikator mengatur prosedur dan teknik. Indikator dominan yang dipenuhi oleh peserta didik ialah indikator menarik kesimpulan.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Kayugeritan memiliki keterampilan berpikir kritis yang berbeda-beda.