Abstrak


Pengaruh Motivasi dan Gaya Belajar Terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Pogalan


Oleh :
Tita Adi Prasela - K7517068 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh motivasi terhadap kreativitas peserta didik kelas X kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Pogalan;(2) pengaruh gaya belajar terhadap kreativitas peserta didik kelas X kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Pogalan;(3) pengaruh motivasi dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap kreativitas peserta didik kelas X kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Negeri 1 Pogalan.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran yang berjumlah 108 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan 85 peserta didik sebagai sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi terhadap kreativitas peserta didik (thitung 4,132 > ttabel 1,989), (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya belajar terhadap kreativitas peserta didik (thitung 16,450 > ttabel 1,989), (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap kreativitas peserta didik (Fhitung 476,996 > Ftabel 3,108).