Abstrak


Analisis Hasil Belajar IPA Siswa Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VIII SMP Negeri 2 Plupuh


Oleh :
Nilla Husna Nur Azizah - K4516044 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil belajar IPA siswa berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom kelas VIII SMP Negeri 2 Plupuh.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 2 Plupuh Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Plupuh yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Validitas dan reliabilitas instrumen tes ditentukan menggunakan analisis Rasch dengan bantuan aplikasi MiniStep. Teknik analisis yang digunakan adalah model analisis Rasch.
Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom bervariatif. Simpulan penelitian ini adalah siswa yang mencapai tingkat kemampuan kognitif C1 sebesar 100% ; C2 sebesar 94,3% ; C3 sebesar 77,1% ; C4 sebesar 51,4% ; C5 sebesar 28,6% ; dan C6 sebesar 5,7%. Siswa yang mencapai level kognitif C6 bermakna bahwa siswa tersebut sudah mencapai semua level kognitif yaitu C1 (mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan), C4 (menganalisis), C5 (mengevaluasi), dan C6 (mencipta).

Kata kunci: hasil belajar kognitif, taksonomi Bloom, analisis rasch