Abstrak


PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA UNTUK MATA PELAJARAN EKONOMI DAN BISNIS PADA SISWA SMK NEGERI DI KLATEN


Oleh :
Ria Setyawati Utami S - K7617067 - Fak. KIP

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan self regulated learning terhadap hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Ekonomi dan Bisnis pada siswa SMK Negeri di Klaten yaitu antara lain SMKN 1 Jogonalan, SMKN 1 Juwiring, SMKN 1 Klaten, SMKN 4 Klaten, dan SMKN 1 Pedan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi aktif siswa kelas XI SMK Negeri di Klaten yang memiliki kompetensi keahlian bisnis daring dan pemasaran pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Jumlah keseluruhan populasi penelitian ini adalah 345 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate random sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 187 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket/kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa:  1) komunikasi interpersonal memiliki dampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, secara langsung dikuatkan oleh temuan penelitian yaitu hasil analisis berupa t-hitung yang lebih besar dari t-tabel (5,341 > 3,634) serta nilai probabilitas signifikansinya meraih hasil yang lebih rendah dari 0,05 (0,000 < 0>self regulated learning memiliki dampak positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil tersebut di buktikan dengan Nilai F hitung dari pengujian simultan adalah 247,975, dengan tingkat signifikansi 0,000, dan f tabel 3,05. Signifikansi yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 akibat F hitung > F tabel (247,975 > 3,05).