Abstrak


Analisis Partisipasi Pemilih Kota Surakarta Dalam Pemilihan Walikota Surakarta Tahun 2020 Dalam Perspektif Negara Demokrasi


Oleh :
Halim Arrosyid Mahendra - E0018174 - Fak. Hukum

Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji partisipasi pemilih dalam Pemilihan Wali Kota Surakarta Tahun 2020 dengan perspektif Negara Demokrasi dan mengetahui hambatan terkait partisipasi pemilihnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa bahan-bahan hukum. Teknik pengumpulan data dengan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik Interactive Model Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi pemilih dalam Pemilihan Wali Kota Surakarta Tahun 2020 mengalami penurunan karena:

1. Adanya pandemi covid-19, 2. Kurangnya respon Pemilih terhadap sistem daring, 3. Perilaku apatis dari Pemilih. Sedangkan yang menjadi hambatan dalam partisipasi pemilih dalam pilkada Kota Surakarta adalah 1. Pandemi Covid-19, 2. Pola hidup baru yaitu new normal, 3. Faktor Adminisistrasi seperti pemilih yang tidak mendapat kartu undangan, Pemilih yang pindah alamat namun masih terdaftar dalam DPT dan Pemilih yang sudah meninggal namun masih terdaftar dalam DPT.