Abstrak


Analisis Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi dan Kegiatan Sekolah Untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Siswa SMA (Studi Kasus di SMA Karanganyar dan Surakarta)


Oleh :
Siti Nur Anisya - K7717071 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya peningkatan literasi keuangan pada siswa SMA yang diselenggarakan melalui proses pembelajaran ekonomi dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sekolah di SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 2 Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan mix methods. Objek penelitian berfokus pada proses pembelajaran ekonomi dan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sekolah dalam kaitannya dengan upaya peningkatan literasi keuangan siswa. Informan penelitian adalah guru mata pelajaran ekonomi dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Validitas tipe data kualitatif menggunakan teknik triangulasi sumber, sedangkan tipe data kuantitatif menggunakan rumus korelasi product moment. Pengujian reliabilitas tipe data kuantitatif menggunakan rumus cornbach’s alpha. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif dan analisis data model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi keuangan siswa SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 2 Karanganyar masuk dalam kategori cukup. Proses pembelajaran ekonomi efektif untuk meningkatkan literasi keuangan siswa, karena siswa dapat meningkatkan 3 aspek sekaligus yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Kegiatan ekstrakurikuler yang memiliki potensi untuk meningkatkan literasi keuangan siswa diantaranya market day, program dana usaha, dan gerakan menabung.

Kata kunci: pendidikan keuangan, pembelajaran ekonomi, kegiatan ekstrakurikuler sekolah.