;

Abstrak


Meta-Analisis Efektivitas Prenatal Yoga terhadap Kualitas Tidur dan Penurunan Kecemasan Selama Kehamilan


Oleh :
Shiva Aflahiyah - S021902056 - Sekolah Pascasarjana

Latar Belakang: Kecemasan dan gangguan tidur selama kehamilan merupakan keluhan yang sering dialami selama hamil, ketidaknyamanan selama kehamilan bisa diatasi secara nonfarmakologis salah satunya dengan prenatal yoga. Tujuan Penelitian ini adalah mengestimasi rerata Efektivitas prenatal yoga terhadap kualitas tidur dan penurunan kecemasan selama kehamilan.
Subjek dan Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian systematic review dan meta-analisis. Waktu dari hasil uji yang dipilih antara tahun 2005 sampai 2020. Pencarian artikel dilakukan selama 1 bulan. Data penelitian dicari dari database: PubMed, Science Direct, Springer Link, Google Scholar, Chocrane Library. Kriteria inklusi pada penelitian ini artikel full text dan berbahasa Inggris, desain studi menggunakan randomized controlled trial. Pencarian artikel menggunakan model PICO. Population dalam penelitian ini adalah ibu hamil, intervention berupa latihan prenatal yoga, comparison yaitu tanpa latihan prenatal yoga, serta outcome berupa kecemasan dan kualitas tidur. Pengolahan data dilakukan dengan Review Manager (RevMan 5.3) dengan menghitung standardized mean difference  untuk menentukan model penelitian yang digabungkan dan membentuk hasil akhir meta-analisis
Hasil: Sebanyak 10 artikel ditinjau dalam penelitian Efektivitas prenatal yoga terhadap kecemasan dan sebanyak 3 artikel terhadap kualitas tidur. Studi menunjukkan bahwa, prenatal yoga menurunkan kecemasan selama kehamilan secara signifikan  (SMD= -0.84; CI 95% -1.53 hingga -0.16 p=0.020). Prenatal yoga juga dapat menurunkan gangguan tidur serta meningkatkan kualitas tidur yang ditunjukan dalam statistik (SMD= -1.13; CI 90% -2.06 hingga -0.21 p=0.020).
Kesimpulan: Prenatal yoga dapat menurunkan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.