Abstrak


Efektivitas Pencatatan Perpindahan Penduduk Secara Offline dan Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang


Oleh :
Elika Dewi Amartya Putri - E3118054 - Sekolah Vokasi

Elika Dewi Amartya Putri. 2022. E3118054. EFEKTIVITAS PENCATATAN PERPINDAHAN PENDUDUK ANTARA OFFLINE DAN ONLINE DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SEMARANG. Tugas Akhir. Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Pencatatan perpindahan penduduk merupakan salah satu jenis pelayanan yang tersedia di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang. Munculnya pandemi Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang membuka layanan offline dan online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas antara pencatatan perpindahan penduduk secara offline dan online. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empiris, sifat penelitian komparatif, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam sampel sebanyak 20 responden yang melakukan perpindahan penduduk. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Pengukuran variabel menggunakan skala Likert dengan lima skala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencatatan perpindahan penduduk secara offline dan online sama-sama sudah efektif atau tidak ada perbedaan, dengan hasil 90% responden mempunyai persepsi pencatatan perpindahan penduduk secara online sudah efektif dan 80% responden mempunyai persepsi pencatatan perpindahan penduduk secara offline sudah efektif.