Abstrak


Pengaruh Sifat Machiavellian dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Keputusan Etis Guru Akuntansi (Survei pada Guru Akuntansi se-Surakarta)


Oleh :
Rica Meilana Rochilah - K7717062 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sifat machiavellian terhadap keputusan etis guru akuntansi, meguji pengaruh kecerdasan spiritual terhadap keputusan etis guru akuntansi, dan menguji pengaruh sifat machiavellian  dan kecerdasan spiritual terhadap keputusan etis guru akuntansi.
Desain penelitian yang digunakan adalah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru akuntansi se-Surakarta. Populasi dan sampel  dalam penelitian ini sejumlah 50 guru akuntansi dengan menggunakan teknik convenience sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, korelasi ganda dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sifat machiavellian berpengaruh terhadap keputusan etis guru akuntansi ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 (Sig < 0 xss=removed>

Kata Kunci : Sifat Machiavellian, Kecerdasan Spiritual, Keputusan Etis