Abstrak


Pengaruh Multimedia Virtual Interaktif Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Akuntansi Penyesuaian Siswa SMK Negeri 1 Boyolali


Oleh :
Denti Fadilah Septianingrum - K7718020 - Fak. KIP

Denti Fadilah Septianingrum. K7718020. PENGARUH MULTIMEDIA VIRTUAL INTERAKTIF PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS AKUNTANSI PENYESUAIUAN SISWA SMK NEGERI 1 BOYOLALI. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh multimedia virtual interaktif pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran akuntansi penyesuaian di SMK Negeri 1 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu menggunakan pre dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 1 Boyolali yang mendapatkan pembelajaran akuntansi penyesuaian dalam hal ini adalah kelas X AKL. Sampel sebanyak 72 siswa diambil menggunakan teknik sampel acak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian menjunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan melalui perolehan Independent Sample T-test dengan thitung 6,479 dengan tingkat signifikansi 0,000. Disamping itu rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen meningkat 21 poin, sebelum dan sesudah perlakuan. Dengan demikian dapat disimpulkan multimedia virtual interaktif pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran akuntansi penyesuaian.