Abstrak


Partisipasi Komunitas Pokmaswas dalam Pembentukan Kewarganegaraan Ekologis melalui Pengelolaan Lingkungan Laut dan Pesisir pada Masyarakat Nelayan di Desa Bondo Jepara


Oleh :
Astin Widyaningrum - K6418011 - Fak. KIP

Astin Widyaningrum. K6418011. PARTISIPASI KOMUNITAS POKMASWAS DALAM PEMBENTUKAN KEWARGANEGARAAN EKOLOGIS MELALUI PENGELOLAAN LINGKUNGAN LAUT DAN PESISIR PADA MASYARAKAT NELAYAN DI DESA BONDO JEPARA. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui partisipasi komunitas Pokmaswas dalam pembentukan kewarganegaraan ekologis melalui pengelolaan lingkungan laut dan pesisir pada masyarakat nelayan di Desa Bondo Jepara, 2) Menganalisis faktor penghambat dan pendukung komunitas Pokmaswas dalam pembentukan kewarganegaraan ekologis melalui pengelolaan lingkungan laut dan pesisir pada masyarakat nelayan di Desa Bondo Jepara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Sumber data didapatkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan snowball sampling. Teknik uji validitas dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif miles dan Huberman dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pokmaswas dalam melaksanakan partisipasinya terkait pengelolaan lingkungan laut dan pesisir dilaksanakan melalui pelaksanaan program-program berupa sosialisasi, pemberdayaan masyarakat, wisata pantai, penanaman mangrove, dan pengawasan. Selain itu, berpartisipasi juga sebagai role model dalam kegiatan pro-lingkungan dan terlibat dalam audiensi. Namun, dalam pelaksanaan pengelolaan lingkungan laut dan pesisir masih terdapat kendala diantaranya terbatasnya dana, kebiasaan masyarakat, serta kesejahteraan masyarakat yang rendah. Kemudian faktor pendukung dari pelaksanaan pengelolaan lingkungan laut dan pesisir meliputi ketersediaan sarana prasarana, dukungan masyarakat, kondisi lingkungan, dan bantuan dari Pemerintah.