Abstrak


Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita pada Siswa Kelas V SDN Girimargo 1 Tahun Ajaran 2020/2021


Oleh :
Isnanto Sunu Utomo - K7116086 - Fak. KIP

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan langkah-langkah model Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V, (2) meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model Quantum Teaching, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Quantum Teaching.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Girimargo 1 tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan hasil belajar IPA tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada materi siklus air yaitu melalui langkah-langkah berikut: (a) Tumbuhkan, (b) Alami, (c) Namai, (d) Demonstrasikan, (e) Ulangi, (f) Rayakan; (2) penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema Lingkungan Sahabat Kita pada siswa kelas V SDN Girimargo 1 tahun ajaran 2020/2021 dibuktikan dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa serta persentase ketuntasan siswa, pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata hasil belajar siswa = 81,75, pertemuan 2 = 83,47 dengan persentase siswa tuntas = 87,5%, siklus II pertemuan 1 = 85,33 pertemuan 2 = 85,98 dengan persentase ketuntasan siswa = 95%, siklus III = 84,99, pertemuan 2 = 87,16 dengan persentase siswa tuntas 95%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu: (a) siswa kurang percaya diri (b) siswa tidak melakukan diskusi, (c) siswa kurang aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru, (d) siswa bermain sendiri, (e) media pembelajaran kurang memadai. Adapun solusinya yaitu: (a) guru memotivasi siswa agar lebih percaya diri, (b) guru membimbing siswa ketika kegiatan diskusi berlangsung, (c) guru mengkondisikan siswa agar mau bertanya dan memancing siswa agar mau menjawab pertanyaan, (d) guru menegur siswa yang membuat gaduh, (e) guru menyiapkan media yang akan digunakan sebelum pembelajaran dilaksanakan.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar IPA tema 8 Lingkungan Sahabat Kita pada siswa kelas V SDN Girimargo 1 tahun ajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Quantum Teaching, Hasil belajar, IPA