Abstrak


Hubungan antara Intensitas Merajut dengan Tingkat Stres pada Anggota Komunitas Rajut


Oleh :
Rizky Andestiana - G0115093 - Fak. Kedokteran

Stres merupakan suatu kondisi yang berpotensi untuk merusak manusia secara fisik dan psikologis. Namun, manusia dalam hidupnya tidak bisa lepas dari stres. Maka dari itu, diperlukan adanya sarana untuk meredam stres. Merajut adalah kegiatan yang bisa dijadikan sebagai hobi yang juga mempunyai banyak manfaat psikologis sehingga diasumsikan dapat membantu manusia untuk meredam stres.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara intensitas merajut dengan tingkat stres pada anggota komunitas rajut. Terdapat 32 orang partisipan dalam penelitian ini yang mengisi kuesioner Perceived Stress Scale (PSS) dan skala intensitas merajut. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji asumsi dasar, dan uji hipotesis menggunakan product moment Pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara intensitas merajut dengan tingkat stres pada anggota komunitas rajut. Analisis data yang didapat memperlihatkan nilai korelasi sebesar -0,257 yang mana nilai negatif menunjukkan hubungan yang berlawanan arah. Ada pula nilai signifikansi hasil korelasi yang didapat sebesar 0,155.