Abstrak


Hubungan antara Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir Peserta Didik di SMK Negeri 1 Surakarta


Oleh :
Winda Reza Yolanda Putri - K3118078 - Fak. KIP

Winda Reza Yolanda Putri. K3118078. HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 SURAKARTA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2022.

Tujuan penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan tingkat efikasi diri yang dimiliki peserta didik di SMK Negeri 1 Surakarta, (2) mendeskripsikan tingkat pengambilan keputusan karir yang dimiliki peserta didik di SMK Negeri 1 Surakarta, dan (3) menganalisis hubungan antara efikasi diri dengan pengambilan keputusan karir peserta didik di SMK Negeri 1 Surakarta.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta sebanyak 353 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 78 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri dan skala pengambilan keputusan karir. Validitas instrumen yang digunakan diuji dengan validitas ahli dan konstruk. Reliabilitas diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Analisis data menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui tingkat efikasi diri dan tingkat pengambilan keputusan karir. Sedangkan analisis inferensial untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dan pengambilan keputusan karir dengan rumus korelasi Product Moment Pearson pada aplikasi SPSS versi 25.

Hasil penelitian menunjukkan tingkat efikasi diri peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Surakarta berada di tingkat sedang dengan jumlah 55 peserta didik atau 70,5%. Sedangkan tingkat pengambilan keputusan karir berada di tingkat sedang dengan jumlah 52 peserta didik atau sebesar 66,7%. Hasil uji korelasi menunjukkan nilai 0,000 < 0>pearson correlation sebesar 0,707 pada uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat.

Saran kepada guru BK untuk memberikan layanan preventif maupun kuratif agar dapat meningkatkan efikasi diri dan kemampuan pengambilan keputusan karir peserta didik. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian eksperimen dalam rangka meningkatkan efikasi diri dan kemampuan pengambilan keputusan karir.