Abstrak


Pengembangan E-Modul Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Animalia Siswa SMA


Oleh :
Aisyah Nur Safitri - K4317005 - Fak. KIP

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui karakteristik e-modul berbasis articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi animalia siswa SMA, (2) Mengetahui kelayakan e-modul berbasis articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi animalia siswa SMA, (3) Mengetahui keefektifan e-modul berbasis articulate storyline untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi animalia siswa SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develope (pengembangan). Penelitian dilakukan di SMA N 1 Kartasura. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA 3 dan X MIPA 4 yang berjumlah 66 siswa. Sumber data berasal dari ahli media, ahli materi, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket analisis kebutuhan, angket validasi materi, angket validasi media, angket penilaian kepraktisan dan soal tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil dari penelitian yaitu (1) Karakteristik e-modul animalia berbasis articulate storyline adalah mampu mengatasi tantangan kurikulum, mampu menjawab ko sesuai dengan karakteristik siswa,  dan praktis. (2) Kelayakan e-modul animalia berbasis articulate storyline berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh skor sebesar 87,5?n 100?ngan kategori sangat layak. (3) Keefektifan media pembelajaran diketahui berdasarkan perbedaan peningkatan rata-rata nilai pretest-postest kelas kontrol dan eksperimen, dimana kelas eksperimen memperoleh hasil yang lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Hasil belajar siswa tersebut juga juga dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney, dan didapatkan nilai sig sebesar 0,027 < 0>

Kata kunci : e-modul, klasifikasi animalia, articulate storyline, 4D