Penulis Utama : Muhammad Muntaha
NIM / NIP : S831808006
×

Keterampilan berpikir kritis dan kreatif merupakan kompetensi penting yang harus dimiliki siswa menghadapi tantangan abad 21. Pengembangan bahan ajar yang menekankan keterampilan berpikir kritis dan kreatif sangat diperlukan peserta didik untuk meningkatkan keterampilan-keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui karakteristik modul IPA berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik; 2) mengetahui kelayakan modul IPA berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik; 3) mengetahui keefektifan modul IPA berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik.
Prosedur penelitian pengembangan perangkat pembelajaran IPA ini menggunakan prosedur 4D yang terdiri empat tahap yaitu: 1) define, 2) design, 3) develop, dan 4) disseminate. Instrumen penelitian analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk studi pendahuluan dan kelayakan serta analisis inferensial menggunakan t-test independent guna mengetahui keefektifan produk pengembangan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik. Penelitian dilakukan di SMP Al Muayyad Surakarta dengan sampel 40 peserta didik kelas VII.
Hasil analisis uji normalitas dan homogenitas menunjukkan pada nilai signifikansi pada uji normalitas dan homogenitas kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 0,200 > 0,05 yang artinya kelas berdistribusi normal dan nilai homogenitas 0,417 > 0,05 artinya homogen menunjukkan bahwa kesimpulan penelitian ini adalah: 1) modul IPA berbasis STEM untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif peserta didik yang dikembangkan memiliki lima karakteristik utama, yaitu : 1) meningkatkan keterampilan berpikir kritis; 2) meningkatkan keterampilan berpikir kreatif; 3) berbasis masalah konkrit; 4) student-centered; 5) pembelajaran STEM; 2) Modul IPA berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa yang dikembangkan dinyatakan layak dan valid untuk digunakan di SMP/MTs berdasarkan hasil uji coba terbatas, uji coba operasional, dan nilai validitas 91,11% dengan nilai kategori sangat valid; berdasarkan validator, ahli media 89,06% (sangat valid), ahli materi 88,27% (sangat valid), ahli bahasa 68,05% (valid), praktisi pendidikan 87,79% (sangat valid), dan ahli pembelajaran 67 0,06% (valid); 3) modul IPA berbasis STEM yang dikembangkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa, dengan skor n-gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar  0,376 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,121 (rendah). Sedangkan nilai n-gain keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen sebesar 0,317 (sedang) dan kelas kontrol sebesar 0,217 (rendah).

Kata kunci: modul IPA, STEM, keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Muntaha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831808006
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Modul IPA Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering and Mathematics) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Kreatif Peserta Didik Kelas VII Materi Pencemaran Lingkungan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S831808006
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mohammad Masykuri, M.Si.
2. Dr. Baskoro Adi P., M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.