Penulis Utama : Ari Budidarmawan Waskita Pratama
NIM / NIP : I0118026
×

Ari Budidarmawan Waskita Pratama, 2023. Prediksi Sisa Umur Layan Menggunakan Data Kinerja Struktur Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Dan Falling Weight Deflectometer (FWD) Pada Jalan Nasional (Studi Kasus : Ruas Jalan Lingkar Demak, Ruas Jalan Losari (Batas Provinsi Jawa Barat) – Pejagan, dan Ruas Jalan Batas Kota Rembang – Bulu (Batas Provinsi jawa Timur)). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Umur perkerasan jalan yang sudah direncanakan, pada kenyataannya sering tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan. Seringkali jalan sudah mengalami kerusakan sebelum masa layan jalan tersebut habis.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis yaitu memberikan gambaran tentang kondisi perkerasan jalan yang diteliti melalui data sekunder yang berupa data Pavement Condition Index (PCI) dan data Falling Weight Deflectometer (FWD). Dari data PCI dapat diketahui klasifikasi kondisi perkerasan dan perkiraan sisa umur layan dan dari data FWD dapat diketahui perkiraan sisa umur layan. Perkiraan sisa umur layan dari metode PCI dan metode FWD kemudian diperbandingkan.

Hasil penelitian menunjukkan Ruas Jalan Losari (Batas Provinsi Jawa Barat)- Pejagan memiliki nilai PCI rata-rata sebesar 81,85 yang diklasifikasikan dalam kondisi jalan Satisfactory. Ruas Jalan Lingkar Demak memiliki nilai PCI rata-rata sebesar 71,58 yang juga diklasifikasikan dalam kondisi jalan Satisfactory. Sementara Ruas Jalan Batas Kota Rembang-Bulu (Batas Provinsi Jawa Timur) memiliki nilai PCI rata-rata sebesar 66,45 yang diklasifikasikan dalam kondisi jalan Fair. Ketiga jalan memiliki sisa umur layan yang bervariasi di tiap segmen. Ada segmen yang sisa umur layannya kurang dari 1 tahun, namun ada juga yang lebih dari 40 tahun. Metode PCI dan metode FWD menunjukkan perbedaan sisa umur layan pada beberapa segmen tertentu.

×
Penulis Utama : Ari Budidarmawan Waskita Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0118026
Tahun : 2023
Judul : PREDIKSI SISA UMUR LAYAN MENGGUNAKAN DATA KINERJA JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN FALLING WEIGHT DEFLECTOMETER (FWD) PADA JALAN NASIONAL (Studi Kasus : Ruas Jalan Lingkar Demak, Ruas Jalan Losari (Batas Provinsi Jawa Barat) - Pejagan, dan Ruas Jalan Batas Kota Rembang - Bulu (Batas Provinsi jawa Timur))
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2023
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : FWD, PCI, Perkerasan, Sisa Umur Layan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Florentina Pungky P, S.T.,M.T.
Penguji : 1. Dr. Florentina Pungky P, S.T.,M.T.
2. Ir. Djoko Sarwono, M.T.
3. Slamet Jauhari Legowo, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.