Penulis Utama : Agnia Isni Nabila
NIM / NIP : B3218002
×

Desa Wisata Lembah Dongde merupakan desa wisata baru yang terletak di Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar. Desa Wisata Lembah Dongde mengusung konsep edukasi yang menawarkan berbagai daya tarik wisata edukasi maupun daya tarik lain yang mampu menarik minat wisatawan. Sebagai desa wisata yang tergolong baru maka masih memerlukan berbagai upaya pengembangan untuk mencapai tujuan yang diinginkan yaitu menjadi destinasi pariwisata edukasi yang diminati oleh wisatawan lokal maupun internasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengembangan Desa Wisata Lembah Dongde sebagai destinasi edutourism, kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan, dan solusi untuk mengatasi kendala tersebut.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan menggunakan teknik observasi langsung mengenai kondisi dan suasana di Desa Wisata Lembah Dongde, wawancara dengan beberapa pihak yang terkait, studi pustaka serta dokumentasi sebagai referensi dan bahan pendukung dalam proses penulisan.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata Lembah Dongde memiliki beragam daya tarik wisata, mulai dari wisata edukasi, wisata air, maupun wisata buatan yang turut ditunjang oleh berbagai fasilitas memadai. Upaya yang dilakukan untuk pengembangan Desa Wisata Lembah Dongde yaitu menambah daya tarik wisata edukasi dan daya tarik wisata lain, menambah fasilitas homestay, menyelenggarakan event, mendorong UMKM masyarakat, dan melakukan pendampingan serta pelatihan kepada masyarakat supaya siap terjun ke dalam industri pariwisata. Penelitian ini juga membahas mengenai beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan serta solusi untuk mengatasinya.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu melalui upaya pengembangan yang dilakukan secara bertahap oleh pengelola dan pihak terkait, sehingga Desa Wisata Lembah Dongde berpotensi dan layak menjadi sebuah destinasi edutourism yang menarik di Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar karena memiliki daya tarik dan potensi wisata yang beragam serta fasilitas dan sumber daya manusia yang cukup memadai.

Kata Kunci: pengembangan, desa wisata, destinasi edutourism

 

×
Penulis Utama : Agnia Isni Nabila
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3218002
Tahun : 2021
Judul : Upaya Pengembangan Desa Wisata Lembah Dongde Sebagai Destinasi Edutourism di Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-B3218002
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jimmi Sandi Prasetyo, S.ST.Par., M.Sc.
2. Tomi Agfianto, S.ST., M.Par.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.