Penulis Utama : Cahya Setyawan
NIM / NIP : D0212028
×

Cahya Setyawan, D0212028, SIMBOL SIMBOL KOMUNIKASI BUDAYA JAWA PADA PROSESI BUBAK KAWAH  (Studi Deskriptif Kualitatif dengan Analisis Semiotik di Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi Jawa Timur), Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Januari 2018

Dalam upacara upacara adat yang dilakukan orang Jawa, unsur simbolis sangat berperan didalamnya, salah satunya adalah upacara bubak kawah. Bubak kawah merupakan bentuk dari fungsi komunikasi ritual, bertujuan untuk menegaskan kembali komitmen kepada tradisi keluarga, komunitas, suku, bangsa, negara, ideologi, atau agama mereka. Bubak kawah adalah salah satu ritual dalam pernikahan adat Jawa yang dilakukan oleh orang tua yang baru pertama kali menikahkan putrinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap prosesi bubak kawah di Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi. (2) Apa saja simbol-simbol dan makna pesan komunikasi kebudayaan jawa yang terdapat dalam upacara adat bubak kawah di Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi

Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis semiotik. Lokasi penelitian ini adalah Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi. Subjek dari penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Sine yang terlibat secara langsung dalam prosesi bubak kawah.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan perbedaan persepsi terhadap bubak kawah, informan dari kalangan berlatar belakang pendidikan agama islam cenderung memiliki persepsi yang negatif terhadap bubak kawah dengan alasan tidak sesuai tuntunan atau syariat agama kemudian secara substansial isi dari bubak kawah yaitu sesajen dan membakar menyan dianggap bid’ah dan syirik. Informan dari kalangan lain memiliki tanggapan yang positif karena merupakan budaya warisan leluhur yang memiliki maksud dan tujuan yang mereka anggap baik. Secara substansial mereka menganggap bahwa sesajen yang digunkan dalam bubak kawah memiliki tujuan yang baik.

Didapatkan beberapa persamaan dan perbedaan persepsi di kalangan masyarakat Kecamatan Sine mengenai makna dari simbol-simbol yang digunakan dalam bubak kawah diantaranya (1) Degan: ketentraman dan ungkapan rasa lega, (2) Gedhang: kesepakatan bapak dan Ibu serta harapan agar mempelai seperti menjadi raja yang bijaksana, (3) Takir: memepersiapkan segala sesuatu dan harapan kecukupan rejeki, (4) Wenang Lawe: Ikatan suci lahir dan batin, (5) Kupat dan lepet: Ungkapan permintaan maaf, (6) Kendhaga genuk: Simbol ayah dan ibu serta harapan agar diberi kecukupan pangan dan papan, (7) Kuwali tutup: kelanggengan dalam menjalani kehidupan berumahtangga serta limpahan rejeki, (8) Mori petak: Harapan akan kecukupan aspek sandang.

×
Penulis Utama : Cahya Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212028
Tahun : 2018
Judul : SIMBOL SIMBOL KOMUNIKASI BUDAYA PADA PROSESI BUBAK KAWAH
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Komunikasi Ritual, Semiotik, Bubak Kawah, Simbol, Budaya.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutopo, M.S.
Penguji : 1. Prof. Drs. Pawito, Ph. D
2. Deniawan Tommy Candra W, S.Sos, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.