Penulis Utama : Dhimas Surya Guritno
NIM / NIP : K7718023
×

Dhimas Surya Guritno K7718023. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS EXCEL VISUAL BASIC APPLICATION PADA BADAN USAHA MILIK DESA SARI AMANAH TAMANSARI KECAMATAN KERJO KABUPATEN KARANGANYAR. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2022.

            Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh data empirik terkait kebutuhan yang diperlukan oleh Pengurus BUM Desa Sari Amanah Tamansari. (2) mengembangkan aplikasi akuntansi berbasis Excel Visual Basic Application yang teruji serta layak digunakan untuk mendukung pembuatan laporan keuangan BUM Desa Sari Amanah Tamansari. (3) menjelaskan langkah-langkah pengembangan aplikasi akuntansi.

            Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang menggunakan model pengembangan prototyping. Teori  yang digunakan dalam penelitian ini adalah signaling theory. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, analisis dokumen, observasi, dan angket validasi. Subjek uji coba terdiri dari akademisi akuntansi, praktisi akuntansi, dan pengurus BUM Desa Sari Amanah Tamansari. Keefektifan aplikasi Akuntansi dianalisis dengan hasil wawancara dari pengalaman pengguna selama 3 bulan pemakaian.

            Hasil penelitian menunjukkan (1) dibutuhkannya sistem informasi akuntansi yang terkomputerisasi sehingga dapat memberikan efektifitas dan efisiensi dalam pembuatan laporan keuangan serta dapat memberikan kontrol pada setiap data keuangan (2) aplikasi Akuntansi BUM Desa Sari Amanah Tamansari sangat layak digunakan sebagai media penyusunan laporan keuangan dengan rata-rata persentase 89,5% (3) model pengembangan prototyping terdiri dari lima fase yaitu: (1) analisis pengguna dan analisis siklus akuntansi, digunakan untuk menentukan permintaan pengguna; (2) pengembangan prototipe dengan pembuatan bagan flowchart, (3) mengembangkan model prototype dengan membuat bagan alir proses pencatatan akuntansi; (4) perancangan aplikasi, Berdasarkan bagan alur yang telah dibuat, peneliti menyiapkan sistem operasi dengan merancang program pencatatan keuangan; (5) pengujian sistem operasional, Rancangan program kemudian digunakan oleh pengguna dengan mencatat kegiatan operasional.

×
Penulis Utama : Dhimas Surya Guritno
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7718023
Tahun : 2023
Judul : PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS EXCEL VISUAL BASIC APPLICATION PADA BADAN USAHA MILIK DESA SARI AMANAH TAMANSARI KARANGANYAR
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Akuntansi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : aplikasi, akuntansi, Badan Usaha Milik Desa, Microsoft Excel, Visual Basic Application
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si. CFrA
2. Nurhasan Hamidi, SE,M.Sc,Ak,CA
Penguji : 1. Prof. Dr. Siswandari, M. Stat
2. Lies Nurhaini, S.Pd.,M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.