Penulis Utama : Nur Sita Faridah Arum Wangi
NIM / NIP : K2316038
×

Nur Sita Faridah Arum Wangi. K2316038. Pembimbing I: Dr. Sri Budiawanti, S. Si., M. Si. Pembimbing II: Dr. Elvin Yusliana Ekawati, M. Pd. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANDROID BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANDROID STUDIO PADA MATERI GETARAN HARMONIS SEDERHANA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan karakteristik media pembelajaran android berbasis Problem Based Learning dengan Android Studio pada materi Getaran Harmonis Sederhana (2) Mengetahui apakah media pembelajaran Android berbasis Problem Based Learning dengan Android Studio pada Materi Getaran Harmonis Sederhana memenuhi kriteri baik pada aspek media dan aspek materi. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang diterapkan hingga D yang ketiga yaitu define, design dan develop. Data penelitian diambil dengan angket terbuka dan tertutup kepada responden yang merupakan validator ahli (dosen Program Studi Pendidikan Fisika) dan peserta didik kelas X SMA. Teknik analisis data menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) karakteristik media pembelajaran android memiliki kelebihan dibandingkan dengan media- media sebelumnya yaitu dapat memasukkan gambar, video dan animasi pembelajaran yang dapat memvisualisasikan konsep fisika, media yang mudah dibawa dan compact, media pembelajaran yang terpusat, mudah diakses oleh siapapun (2) berdasarkan data yang diperoleh pada proses validasi oleh ahli materi didapatkan nilai 4,33 pada aspek materi dan isi yang artinya media pembelajaran memperoleh kategori baik dan mendapatkan nilai 4,33 pada aspek proses pembelajaran yang berarti media pembelajaran mendapatkan kategori baik. Pada proses validasi media diperoleh nilai sebesar 4,25 pada aspek kepraktisan yang berarti mendapatkan kategori baik, nilai 4,25 pada aspek keluwesan yang artinya berkategori baik dan nilai 4 pada aspek tampilan yang berarti masuk kategori baik. Pada uji coba luas, didapatkan nilai sebesar 4,007 pada aspek tampilan yang berarti baik, nilai 4,07 pada aspek keterlaksanaan yang berarti baik, nilai 4,00 pada aspek kesesuaian yang berarti baik, serta nilai 3,94 pada aspek pembelajaran yang berarti baik.

×
Penulis Utama : Nur Sita Faridah Arum Wangi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2316038
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Android Berbasis Problem Based Learning dengan Android Studio pada Materi Getaran Harmonis Sederhana
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : media pembelajaran android, Problem Based Learning, Pendekatan Ilmiah
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Budiawanti, S. Si. , M. Si.
Penguji : 1. Prof. Dr. Widha Sunarno, M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.