Penulis Utama : Maya Rukmana
NIM / NIP : K3218039
×

Maya Rukmana. K3218039. PEMBELAJARAN PEMBUATAN KERAMIK BERBASIS EXPERIENTAL LEARNING ( Studi Kasus di Lukita Ceramic Studio Yogjakarta). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2022.

            Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui sejarah awal Lukita Ceramic Studio Yogjakarta, (2) Proses pembelajaran pembuatan keramik dan bentuk pembelajaran, (3) Visualisasi hasil karya dalam pelaksanaan pembelajaran keramik di Lukita Keramik Studio pada bulan Juni-Juli 2022.

            Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, dokumentasi, arsip dan sumber kepustakaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan review informant. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis mengalir.

              Hasil penelitian sebagai berikut: pertama, Sejarah awal berdirinya Lukita yang didalamnya memuat tempat, latar belakang, tujuan berdirinya dan tokoh-tokoh yang berperan dan terlibat serta berperan penting dalam sejarah berdirinya Lukita pada masanya. Kedua, Pembelajaran keramik mencakup beberapa komponen yaitu: Tujuan pembelajaran adalah untuk mengembangkan skill diluar sekolah formal. Materi pembelajaran meliputi pengertian keramik dan teknik yang digunakan baik itu teknik pijat dan teknik putar. Metode atau bentuk pembelajaran experiental learning. Media pembelajaran menggunakan tanah liat, meja putar dan butsir. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan berdiskusi antar mentor mengenai indikator penilaian baik ditinjau dari unsur maupun prinsip-prinsip seni rupa. Ketiga, Visualisasi hasil karya keramik ditinjau berdasarkan unsur-unsur dan prinsip-prinsip seni rupa. Unsur-unsur seni rupa yang terdapat pada karya yang dihasilkan umumnya berupa garis, titik, warna, tekstur dan bentuk yang bervariasi. Prinsip-prinsip seni rupa yang digunakan dalam membuat karya meliputi aspek keselarasan, keseimbangan, irama, proporsi dan penekanan telah diterapkan dengan baik.

×
Penulis Utama : Maya Rukmana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3218039
Tahun : 2023
Judul : PEMBELAJARAN PEMBUATAN KERAMIK BERBASIS EXPERIENTAL LEARNING ( Studi Kasus di Lukita Ceramic Studio Yogjakarta )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pembelajaran, keramik, dan experiental learning.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M. Si
2. Dra. MY. Ning Yuliastuti, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Margana, M. Sn
2. Dr. Endang Widiyastuti, S. Pd, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.