Penulis Utama : Dina Yunitasari
NIM / NIP : D1618009
×

Kuliah Kerja Media (KKM) atau magang adalah salah satu kegiatan akademik yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa vokasi sebagai salah satu syarat kelulusan dan mendapatkan gelar A.Md. Penulis melakukan kegiatan magang di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Klaten di Bagian Humas. Yang dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2021-6 April 2021.
Selama melaksanakan kegiatan magang, penulis melakukan beberapa kegiatan di bidang kehumasan. Penulis melakukan media monitoring cetak melalui Koran yang kemudian dikelompokkan dan disusun menjadi kliping laporan harian kegiatan. Penulis juga mendapat tugas untuk mengelola surat masuk dan merekap surat masuk pada pertengahan bulan. Selain itu, ketika ada acara pemerintahan penulis turut serta  membantu petugas protokoler dalam keberjalanan acara tersebut dari mulai pra acara hingga pasca acara.
Kegiatan Humas Setda Klaten lainnya yang diikuti oleh penulis adalah proses pembuatan rilis. Penulis memperoleh materi rilis dari mengikuti kegiatan liputan, rilis disusun berdasarkan materi liputan yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan dari Pemerintah Kabupaten Klaten. Ketika ada keterbatasan yang menyebabkan penulis tidak bisa mengikuti liputan maka akan diberikan tugas untuk melakukan transkrip atau menyalin wawancara maupun rekaman rangkaian inti kegiatan ke dalam bentuk teks yang akan digunakan untuk bahan membuat rilis. Selain informasi tersebut, rilis juga memuat kebijakan yang ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten.
Tujuan dari publikasi rilis adalah sebagai komunikasi publik agar mendapatkan kepercayaan dari publik. Dengan adanya kepercayaan dari publik maka akan membentuk sebuah hubungan yang baik antara lembaga dengan masyarakatnya. Setelah selesai menyusun rilis, rilis akan dikoreksi terlebih dahulu oleh staf Humas Setda Klaten untuk dipastikan bahwa yang ditulis sudah benar dan memenuhi kaidah pengunggahan rilis  yang kemudian ketika semuanya telah sesuai akan diunggah di kolom keterangan sosial media Humas Setda Klaten beserta dengan foto kegiatan.
Penulis juga mendapatkan tugas untuk melakukan arsip dokumentasi dengan memilih foto dan video dokumentasi sesuai dengan waktu dan kegiatanya untuk dirapikan ke dalam satu file sesuai dengan ketentuan periode dan jenis kegiatan. Tujuan arsip dokumentasi adalah untuk memudahkan ketika mencari foto atau video jika diperlukan sewaktu-waktu agar lebih efisien dan maksimal.
Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa Bagian Humas Setda Klaten melaksanakan pembuatan rilis sebagai bentuk komunikasi publik agar terjalin hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Kata Kunci: Humas Instansi, Rilis, Komunikasi Publik

 

×
Penulis Utama : Dina Yunitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1618009
Tahun : 2021
Judul : Aktivitas Pembuatan Rilis Humas Setda Klaten dalam Pelaksanaan Komunikasi Publik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2021
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Vokasi-D1618009
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Christina Tri Hendriyani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp Unpublish
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.