Penulis Utama : Fitria Agni Kusumawati
NIM / NIP : H0817036
×

Indonesia merupakan negara agraris dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah sektor pertanian. Beras merupakan kebutuhan pangan pokok bagi 95% penduduk Indonesia sehingga ketersediaannya harus selalu dijaga dan diimbangi dengan konsistensi mutu dan kualitasnya. Kabupaten Klaten memiliki beras yang sudah terkenal yang dikategorikan jenis beras khusus yaitu beras Delanggu yang merupakan produksi petani lokal yang dihasilkan di Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten yang termasuk beras giling sempurna atau beras putih. Konsumen sebelum melakukan pembelian beras terlebih dahulu mempertimbangkan atribut-atribut beras sesuai dengan kepentingan dan pilihannya. Beberapa atribut-atribut yang berperan dalam penampilan dan karakteristik beras adalah harga beras, derajat keputihan beras, aroma beras, kebersihan beras, keutuhan butir beras, bentuk beras dan kepulenan (tekstur) nasi. Pemilihan kualitas beras oleh konsumen dapat dilihat dari kecenderungan pemilihan atribut yang melekat pada beras yang menunjukkan kesukaan atau preferensi masing-masing konsumen. Hal tersebut penting bagi pemasar untuk mengetahui atribut beras yang menjadi preferensi konsumen guna memaksimalkan kepuasan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian beras.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut beras Delanggu, mengetahui atribut beras Delanggu yang menjadi preferensi konsumen dan atribut beras Delanggu yang paling dipertimbangkan konsumen rumah tangga di Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten. Metode dasar penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dan pelaksanaannya dengan teknik survey. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja (purposive) yaitu Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten. Sampel ditentukan dengan metode simple random sampling yang berjumlah 100 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis Chi Square dan analisis Multiatribut Fishbein.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut beras Delanggu oleh rumah tangga di Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten. Beras Delanggu yang menjadi preferensi konsumen yaitu harga beras dengan harga Rp 8.500- Rp 9.450/kg, kebersihan beras tanpa kotoran, derajat keputihan sedang, aroma beras non aromatik, keutuhan butir beras kepala, bentuk beras medium, dan kepulenan nasi sedang. Atribut beras Delanggu yang paling dipertimbangkan dalam keputusan pembelian beras Delanggu oleh rumah tangga di Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten adalah atribut harga beras Delanggu. Urutan atribut beras Delanggu yang paling dipertimbangkan sampai dengan yang kurang dipertimbangkan oleh konsumen adalah harga beras, kebersihan beras, derajat keputihan beras, kepulenan nasi, keutuhan butir beras, aroma beras, dan bentuk beras.

 

×
Penulis Utama : Fitria Agni Kusumawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0817036
Tahun : 2021
Judul : Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Beras Delanggu Varietas C4 oleh Rumah Tangga di Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2021
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian-H0817036
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si.
2. Raden Kunto Adi, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.