Penulis Utama : Dimas Pandu Mahardika
NIM / NIP : K2317020
×

Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) mengembangkan pedoman eksperimen fluida statis berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) untuk calon guru fisika yang berkriteria baik dan 2) mendeskripsikan spesifikasi pedoman eksperimen yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE.Tahapan pengembangan dibatasi pada tiga tahapan awal, yaitu analisis, desain, dan pengembangan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari, 2 ahli, 5 mahasiswa yang melakukan penelitian sejenis, 10 mahasiswa pada uji coba kelompok kecil, dan 55 mahasiswa pada uji coba kelompok besar. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2018, 2019, dan 2020. Teknk analisis data yang dilakukan adalah kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi.
Pedoman eksperimen dikembangkan melalui 3 tahapan, yaitu (a) tahap persiapan yang terdiri atas tahap konsultasi tema dan judul penelitian, 2) tahap pelaksanaan yang terdiri atas tahap melakukan analisis, menyusun perangkat penelitian, menyusun pedoman eksperimen, dan mengambil data penelitian, (c) tahap akhir atau penyelesaian berupa tahap analisis data penelitian, menarik kesimpulan penelitian serta menyusun laporan akhir. Berdasarkan hasil revisi dari validasi dan uji coba produk diperoleh bahwa produk pedoman eksperimen materi fluida statis berbasis STEAM berkriteria sangat baik. Hasil dari penelitian ini menghasilkan pedoman eksperimen elektronik dengan spesifikasi akhir berupa pedoman eksperimen berbasis STEAM pada materi fluida statis berbentuk elektronik untuk pegangan asisten eksperimen/dosen dan mahasiswa yang sudah valid digunakan sebagai pedoman eksperimen. Pedoman ini juga dilengkapi dengan lembar penilaian pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan kognitif mahasiswa sebelum dan sesudah dilakukan eksperimen.

Kata Kunci : pedoman eksperimen, STEAM, fluida statis

 

×
Penulis Utama : Dimas Pandu Mahardika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2317020
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Pedoman Eksperimen Materi Fluida Statis Berbasis Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics (STEAM) pada Masa Pandemi untuk Calon Guru Fisika
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K2317020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Pujayanto, M.Si.
2. Dewanto Harjunowibowo, S.Si., M.Sc., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.