Penulis Utama : Dini Deviana Saputri
NIM / NIP : M0317020
×

Sintesis Magnetic-Carbon Nanotubes (Mag-CNT) berhasil dipelajari menggunakan metode Chemical Vapor Deposition (CVD) beserta modifikasinya sebagai filler komposit polimida/resin epoksi (PI/RE). Proses sintesis Mag-CNT dilakukan menggunakan katalis incolloy ®800 dan dialiri beberapa gas, seperti argon, nitrogen, hidrogen dan asetilen dengan pemanasan hingga suhu 800°C. Purifikasi Mag-CNT dilakukan menggunakan metode pelarutan dengan toluene dan etanol dilanjutkan vaccum annealing. Modifikasi Mag-CNT dilakukan dengan menambahkan gugus amina dan TiO2. Variasi filler yang digunakan dalam pembentukan komposit adalah Mag-CNT, Mag-CNT-TiO2 dan TiO2. Polimida sendiri disintesis dengan mereaksikan oxidianilin (ODA) dan pyromellitic dianhirdrida (PMDA) menghasilkan larutan poly(amic acid) (PAA) untuk kemudian ditambah dengan filler. PAA dan variasi filler dicampurkan dengan resin epoksi dan hardener poliaminoamida menghasilkan komposit.
Mag-CNT hasil sintesis dan purifikasi dihasilkan serbuk hitam memiliki berbentuk pipa tabung tubular dengan struktur Multi Walled Carbon Nanotubes dan diameter rata-ratanya sebesar 100-120 nm. Hasil analisis X-Ray Diffraction (XRD) menunjukkan karakteristik material karbon berstruktur grafit dengan puncak C (002), besi, besi oksida dan besi karbida, serta puncak D, G, dan G’ pada karakterisasi Raman. Material ini memiliki sifat ferrimagnetik berdasar karakterisasi Vibration Sample Magnetometer (VSM). Keberhasilan modifikasi ditunjukkan dengan munculnya gugus N-H dan C-N pada karakterisasi Fourier Transform Infra Red (FTIR). Sedangkan, komposit yang dihasilkan, diuji tarik, kekerasan, radiasi elektromagnetik dan TGA. Hasilnya menunjukkan komposit paling baik pada filler yang dimodifikasi amina karena adanya ikatan silang kovalen lebih kuat antara polimer dan filler. Hasil uji Thermal Gravimetric Analysis (TGA) menunjukkan degradasi terbesar pada pemutusan polimida dan resin epoksi. Komposit juga dikarakterisasi FTIR yang menunjukkan peningkatan transmitansi pada gugus fungsi N-H, C-H dan C-C. Hal ini menunjukkan bahwa penambahan filler Mag-CNT yang dimodifikasi memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil uji mekanik komposit polimida/resin epoksi.

Kata kunci: Mag-CNT, Chemical Vapor Deposition, Polimida/ Resin Epoksi

 

×
Penulis Utama : Dini Deviana Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0317020
Tahun : 2021
Judul : Sintesis Magnetic-Carbon Nanotubes (Mag-CNT) Menggunakan Metode Chemical Vapor Deposition (CVD) dan Modifikasinya Sebagai Filler Komposit Polimida/ Resin Epoksi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2021
Program Studi : S-1 Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA-M0317020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Teguh Endah Saraswati S.Si, M.Sc., Ph.D.
2. Dr. Ir. Wijang Wisnu Raharjo, M. T.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. MIPA
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.